PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN PERKEMAHAN TAMU AMBALAN DAN PERKEMAHAN BANTARA AMBALAN GAJAH MADA DAN SK TRIMURTI TAHUN 2014
BAB I: PENDAHULUAN
A. DASAR PEMIKIRAN
Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.
Berbagai kegiatan yang diselenggarakan Gerakan Pramuka tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan jaman. Salah satu kegiatan tersebut adalah Perkemahan Tamu Ambalan (Pertagati) dan Perkemahan Bantara Ambalan Gajah Mada dan SK Trimurti (Pertaragati).
Pertagati adalah sebuah kegiatan bagi calon anggota atau tamu ambalan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai adat, keorganisasian dan kegiatan di ambalan yang bersangkutan. Sedangkan pertaragati merupakan ajang untuk menilai kecakapan Bantara bagi penegak yang telah menjadi anggota di ambalan ini.
Kedua kegiatan itu pada kesempatan ini disatukan dengan wujud berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.
Karena kegiatan ini sangat penting, maka sudah seyogyanya dilaksanakan. Sesuai dengan kelender kegiatan dan keputusan Musyawarah Ambalan Gajah Mada dan SK Trimuti, pelaksanaan Pertagati-Pertaragati pada tahun 2014 bertempat di Lapangan SMA 1 Doro.
B. DASAR PENYELENGGARAAN
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka;
- Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Hasil Musyawarah Nasional (Munas) 2013;
- Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 080 Tahun 1988 Tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega;
- Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 198 Tahun 2011 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Syarat Kecakapan Umum;
- Program Kerja Dewan Ambalan SMA 1 Doro masa bakti 2013/2014;
C. TUJUAN KEGIATAN
- Memberikan orientasi organisasi dan adat Ambalan Gajah Mada dan SK Trimurti;
- Sarana penilaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) tingkat Bantara;
D. RUANG LINGKUP
Sistematika Petunjuk Teknis ini meliputi :
- Pendahuluan
- Penyelenggaraan
- Organisasi Penyelenggara
- Administrasi
- Kegiatan
- Perkemahan
- Kepesertaan
- Peninjau, Tamu dan Pengunjung
- Pengawasan, Penelitian dan Evaluasi
- Penutup
BAB II: PENYELENGGARAAN
A. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama Perkemahan Tamu Ambalan dan Perkemahan Bantara Ambalan Gajah Mada dan Sk Trimurti Tahun 2014 selanjutnya disebut PERTAGATI-PERTARAGATI 2014.
B. PESERTA
Peserta Pertagati adalah calon penegak kelas X sebanyak 116 orang, sedangkan peserta Pertaragati adalah calon Bantara sebanyak 20 orang.
C. WAKTU PELAKSANAAN
Hari : Kamis s/d Sabtu
Tanggal : 7 s/d 9 Agustus 2014
Jam : 07.00 – selesai.
D. TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan dilaksanakan di Lapangan SMA 1 Doro, Jl. Sawangan Kec. Doro, Kabupaten Pekalongan.
E. JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan sebagaimana terlampir.
F. TEMA
“Kenali Pramuka, Jaga Nusantara”
G. MOTTO
“Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”
H. SUMBER ANGGARAN
Anggaran Pertagati-Pertaragati 2014 diperoleh dari:
1. Iuran kegiatan peserta pertagati
2. Iuran kegiatan peserta pertaragati
3. Iuran kegiatan sangga kerja
BAB III: ORGANISASI PENYELENGGARA
A. STRUKTUR
1. Sangga Kerja
Sangga kerja adalah anggota Dewan Ambalan Gajah Mada dan SK Trimurti sebanyak 18 orang, rincian terlampir.
2. Dewan Adat
Dewan adat dalam kegiatan ini adalah 2 orang, rincian terlampir.
B. URAIAN TUGAS, WEWENANG, DAN TANGGUNGJAWAB
1. Sangga Kerja
· Mengatur dan melaksanakan tugas sesuai dengan Petunjuk Petunjuk Teknis PERTAGATI-PERTARAGATI 2014.
· Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan Perkemahan kepada seluruh unsur pelaksana dalam sangga kerja.
· Mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan.
2. Dewan Adat
· Mengatur segala adat perkemahan.
· Menjaga terlaksananya adat perkemahan.
· Mengevaluasi, memberikan hukuman atau penghargaan.
BAB IV: ADMINISTRASI
A. UMUM
Penyelenggaraan administrasi yang meliputi administrasi umum dan administrasi keuangan terdiri dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pelaporan administrasi. Kegiatan administrasi ini berkaitan dengan pendaftaran, penyelesaian dan pemenuhan kebutuhan administrasi bagi semua unsur yang meliputi Peserta, Peninjau, Tamu, dan Sangga Kerja.
B. SISTEM ADMINISTRASI
1. Pelayanan Administrasi
Pelayanan administrasi dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan Pertagati-Pertaragati 2014 di bidang administrasi, ditujukan kepada Sangga Kerja di sekretariat.
2. Kodifikasi Administrasi
Kodifikasi formulir administrasi disusun berdasarkan pengelompokan unsur yang terlibat dalam kegiatan Pertagati-Pertaragati yang meliputi:
Kode A untuk peserta Pertagati
Kode B untuk peserta Pertaragati
Kode C untuk Sangga Kerja, Pembina, Narasumber
Kode D untuk peninjau, tamu, pengunjung
Kodifikasi administrasi selengkapnya adalah sebagai berikut:
a. A.1 : Daftar nama per sangga peserta Pertagati
b. A.2 : Plotting peserta kegiatan
c. A.3 : Daftar Hadir Peserta Pertagati
d. B.1 : Daftar nama Peserta Pertaragati
e. B.2 : Daftar hadir Peserta Pertaragati
f. C.1 : Daftar nama sangga kerja dan Pembina
g. C.2 : Daftar hadir Sangga Kerja dan Pembina
h. C.3 : Biodata narasumber materi
3. Tanda-Tanda Pengenal
a. Tanda pengenal kelompok dibedakan dengan warna tali pada kartu pengenal yang diatur sebagai berikut:
- Peserta : Kuning
- Pembina dan Sangga Kerja : Merah
- Pendamping : Biru
- Peninjau dan Tamu : Hijau
b. Urutan nomor peserta dalam sangga menggunakan tulisan di pojok kanan pada kartu pengenal.
4. Mekanisme Registrasi
Registrasi dapat dilakukan di sekretariat Pertagati-Pertaragati 2014, dengan mengambil formulir A dan B. kemudian peserta akan mendapatkan SIMT (surat izin mendirikan tenda).
5. Administrasi Registrasi
a. Sangga kerja tidak akan menerima registrasi, kecuali melalui sangga dengan menggunakan form-form yang telah ditentukan.
b. Hak-hak peserta berupa perlengkapan peserta dan lain-lain diserahkan setelah proses pendaftaran dengan menggunakan form bukti pengambilan barang yang diserahkan kepada pendamping.
BAB V: KEGIATAN
A. UMUM
1. Latar Belakang
Secara keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan dalam Pertagati-Pertaragati 2014 dititikberatkan pada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak yaitu spiritual, emosional, sosial, Intelektual dan fisik. Penyelenggaraan Pertagati-Pertaragati 2014 dilaksanakan dalam berbagai kegiatan sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai. Kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan muatan materi sehingga memudahkan para peserta menyerap beragam pengetahuan dan keterampilan sebagai penambah bekal dalam proses pembentukan jati dirinya dalam Ambalan Gajah Mada dan SK Trimurti.
2. Arah Kegiatan
Kegiatan Pertagati-Pertaragati 2014 mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka, melalui:
a. Pembinaan mental dan spiritual
b. Wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi
c. Persaudaraan dan persahabatan
d. Peningkatan keterampilan
e. Aksi kepedulian terhadap masyarakat
3. Sifat Kegiatan
a. Aktif
b. Edukatif
c. Produktif
d. Kreatif
e. Rekreatif
f. Inovatif
g. Petualangan
4. Metode Kegiatan
a. Permainan
b. Diskusi
c. Demonstrasi
d. Simulasi
e. Penugasan
5. Strategi Kegiatan
a. Aktivitas di dalam perkemahan (Inside camp activities)
b. Aktivitas di luar perkemahan (Outside camp activities)
6. Kelompok Kegiatan
Kegiatan dikelompokkan berdasarkan jenisnya:
1) General Activity/Kegiatan Umum
· Kegiatan Keagamaan
· Kegiatan Upacara dan Apel
· Kegiatan Olahraga
· Renungan
· Malam Balagati
2) Pengetahuan
· Dasar Kepramukaan
· Keorganisasian dan Kegiatan Balagati
· Adat Balagati
3) Kegiatan Keterampilan dan Teknik Kepramukaan
· Daur Ulang (lomba)
· Berbaris (lomba)
· Senam Pramuka (lomba)
4) Kegiatan Bhakti
· Bumbung Kemanusiaan
· K3 Perkemahan (lomba)
5) Kegiatan Alam Terbuka
· Pengembaraan (lomba)
6) Kegiatan Seni Budaya
· Pentas Seni Daerah (lomba)
· Permainan Tradisional (lomba)
· Paduan Suara (lomba)
7) Kegiatan Prestasi
Semua kegiatan di atas yang bertanda bintang, al:
· Daur Ulang
· Berbaris
· Senam Pramuka
· K3 Perkemahan
· Pengembaraan
· Pentas Seni Daerah
· Permainan Tradisional
· Paduan Suara
B. PENJABARAN KEGIATAN
1) General Activity/Kegiatan Umum
· Upacara Pembukaan
Hari, Tanggal | : | Kamis, 7 Agustus 2014 |
Pukul | : | 08.00 – 09.00 WIB |
Peserta | : | Semua anggota sangga |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan upacara menggunakan seragam harian |
· Upacara Penutupan
Hari, Tanggal | : | Sabtu, 9 Agustus 2014 |
Pukul | : | 13.30 – 14.30 WIB |
Peserta | : | Semua anggota sangga |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan upacara menggunakan seragam harian |
· Upacara Api Unggun
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 20.00 – 21.00 WIB |
Peserta | : | 7 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan upacara menggunakan seragam harian |
· Apel
Hari, Tanggal | : | Pagi, Sore, Malam |
Pukul | : | 07.30 - 07.45 WIB 17.00 – 17.15 WIB 22.00 – 22.15 WIB |
Peserta | : | Semua anggota sangga |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan giat (depan perkemahan) menggunakan seragam harian atau pakaian pada saat itu |
· Kegiatan Keagamaan
Hari, Tanggal | : | Kegiatan sholat berjamaah, kajian islam |
Pukul | : | 04.00 – 05.00 WIB 12.00 – 13.00 WIB 15.00 – 15.30 WIB 18.00 – 19.30 WIB |
Peserta | : | Semua anggota sangga |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di mushola, menggunakan pakaian muslim |
· Kegiatan Olahraga
Hari, Tanggal | : | Pagi |
Pukul | : | 06.00 – 07.00 WIB |
Peserta | : | 5 – 6 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan upacara menggunakan seragam olahraga |
· Renungan
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 03.00 – 04.00 WIB |
Peserta | : | Semua |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul menggunakan seragam pramuka harian |
· Malam Balagati
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 20.00 – 23.00 WIB |
Peserta | : | 6 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan upacara menggunakan pakaian bebas rapi |
2) Pengetahuan
· Dasar Kepramukaan (Pramuka, Dulu dan Kini)
Hari, Tanggal | : | Kamis, 7 Agustus 2014 |
Pukul | : | 13.30 – 15.00 WIB |
Peserta | : | 3 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di Ruang Materi I menggunakan seragam Pramuka dan membawa alat tulis. |
· Keorganisasian dan Kegiatan Balagati
Hari, Tanggal | : | Kamis, 7 Agustus 2014 |
Pukul | : | 13.30 – 15.00 WIB |
Peserta | : | 3 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di Ruang Materi II menggunakan seragam Pramuka dan membawa alat tulis. |
· Adat Balagati
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 13.30 – 15.00 WIB |
Peserta | : | 4 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di Ruang Materi I (putra) dan Materi II (putri) menggunakan seragam Pramuka dan membawa alat tulis. |
3) Kegiatan Keterampilan dan Teknik Kepramukaan
· Berbaris (lomba)
Hari, Tanggal | : | Kamis, 7 Agustus 2014 |
Pukul | : | 15.30 – 27.00 WIB |
Peserta | : | 5 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di Lapangan menggunakan seragam Pramuka dan membawa perlengkapan yang diperlukan. Seragam boleh terdapat tambahan. Gerakan minimal: 1) Sikap sempurna, 2) Rapikan Barisan, 3) Hitung, 4) Hormat, 5) Hadap, 6) Balik, 7) Istirahat, 8) Pindah, 9) Jalan, 10) Bubar |
Kriteria Penilaian | : | Kerapihan anggota sangga (Skor 25) Gerakan benar dan kompak (Skor 50) Banyaknya jenis gerakan & Variasi (Skor 25) |
· Senam Pramuka (lomba)
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 07.45 – 10.00 WIB |
Peserta | : | 5 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di Lapangan menggunakan seragam olahraga. Seragam boleh terdapat tambahan. Musik disediakan oleh Saker. Formasi bersaf. 4 tim sekaligus |
Kriteria Penilaian | : | Kerapihan anggota sangga (Skor 30) Gerakan benar & kompak (Skor 70) |
· Daur Ulang (lomba)
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 07.45 – 10.00 WIB |
Peserta | : | 2 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di Ruang Materi I menggunakan seragam Pramuka dan membawa perlengkapan yang diperlukan untuk membuat lambang Balagati Materi: Membuat lambang ambalan, dengan kertas manila uk 30x60 cm putih, bahan sisa (kertas, pasir, serbuk kayu dll yang sudah diwarna), lem |
Kriteria Penilaian | : | Ide/Kreatifitas (Skor 40) Kerapihan & pengerjaan (Skor 30) Hasil akhir (Skor 30) |
4) Kegiatan Bhakti
· Bumbung Kemanusiaan
Hari, Tanggal | : | Sabtu, 9 Agustus 2014 |
Pukul | : | 07.45 – 08.00 WIB |
Peserta | : | Semua |
Mekanisme | : | Peserta dikoordinir oleh pendamping sangga untuk mengumpulkan dana bumbung kemanusiaan, per orang minimal Rp 2.000,- yang akan disumbangkan kepada yang membutuhkan. |
· K3 Perkemahan (lomba)
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 13.30 – 15.00 WIB |
Peserta | : | 4-5 orang |
Mekanisme | : | 2 Peserta membersihkan area tendanya, 2-3 orang membersihkan area sekolah. Penilaian K3P dilakukan sehari sekali, pada saat yang tidak ditentukan. |
Kriteria Penilaian | : | Kelengkapan alat kemah (Skor 30) Bentuk dan keindahan tenda, tali, bambu (Skor 40) Kebersihan (Skor 30) |
5) Kegiatan Alam Terbuka
· Pengembaraan (lomba)
Hari, Tanggal | : | Sabtu, 9 Agustus 2014 |
Pukul | : | 08.00 – 11.30 WIB |
Peserta | : | Semua |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan memakai seragam pramuka beserta perlengkapan pengembaraan. Pemberangkatan akan dilakukan satu persatu. Materi: Pos 1: Tekpram semafor (pemberangkatan) Pos 2: Problem Solving: Pramuka dan masyarakat Pos 3: PBB, Kedisiplinan Pos 4: Tekpram membaca sandi Pos 5: Adat ambalan |
Kriteria Penilaian | : | Petugas pos memberikan skor (20) jika benar, (0) jika salah |
6) Kegiatan Seni Budaya
· Pentas Seni Daerah (lomba)
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 21.00 – 23.00 WIB |
Peserta | : | 7 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan utama menggunakan pakaian bebas rapi, membawa peralatan. Materi: Kebudayaan Daerah di Indonesia |
Kriteria Penilaian | : | Ide/kreatifitas (Skor 30) Penampilan panggung (Skor50) Persiapan (Skor 20) |
· Permainan Tradisional (lomba)
Hari, Tanggal | : | Jumat, 8 Agustus 2014 |
Pukul | : | 15.30 – 17.00 WIB |
Peserta | : | 6 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di lapangan memakai pakaian bebas rapi. Materi: permainan tradisional |
Kriteria Penilaian | : | Pemenang permainan (Skor maks 100) |
· Paduan Suara (lomba)
Hari, Tanggal | : | Kamis, 7 Agustus 2014 |
Pukul | : | 20.00 – 22.00 WIB |
Peserta | : | 6 orang |
Mekanisme | : | Peserta berkumpul di sekretariat membawa Materi: Mars Jayalah Pramuka, Mars Balagati |
Kriteria Penilaian | : | Kerapihan anggota sangga (Skor 30) Kekompakan suara (Skor 40) Aksi panggung (Skor 30) |
7) Kegiatan Prestasi
Peraturan sesuai yang tercantum di atas untuk:
· Berbaris
· Senam Pramuka
· Daur Ulang
· K3 Perkemahan
· Pengembaraan
· Pentas Seni Daerah
· Permainan Tradisional
· Paduan Suara
C. TANDA IKUT SERTA KEGIATAN (TISKA)
1. Tiska adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh Pembina melalui sangga kerja kepada peserta Pertagati-Pertaragari 2014.
2. Tiska akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti sekurang-kurangnya 80% kegiatan.
BAB VI: PERKEMAHAN
A. KEHIDUPAN PERKEMAHAN
Tatanan pemerintahan disusun atas koordinator utama, yaitu ketua sangga kerja dibantu anggotanya dan koordinator area perkemahan putra dan putri. Warga perkemahan dikelompokkan dalam sangga-sangga.
B. AREA PERKEMAHAN
1. Warga perkemahan Pertagati-Pertaragati 2014 menempati area perkemahan putera dan area perkemahan puteri.
2. Untuk menunjang aktivitas dalam melaksanakan tugas-tugasnya selama kegiatan berlangsung, Pendamping bertempat tinggal di area perkemahan.
3. Pendamping berperan aktif dalam mengkoordinasi sangga yang didampinginya.
C. PEMUKIMAN PESERTA
1. Pemukiman peserta dibagi dua menjadi pemukiman putera dan puteri.
2. Pemukiman putera dinamakan Gajah Mada dipimpin oleh koordinator area
3. Pemukian puteri dinamakan SK Trimurti oleh koordinator area
D. TATA ADAT
1. Umum
a. Pertagati-Pertaragati adalah pertemuan besar bagi anggota ambalan dan tamu ambalan yang norma-norma pelaksanaannya dikembangkan atas dasar kode kehormatan Pramuka.
b. Berdasarkan latar belakang asal gugus depan yang berbeda, maka dibuatlah norma-norma yang tertuang dalam sandi Balagati yang akan menjiwai tata aturan kehidupan keseharian dan aturan lain yang diperlukan dalam penyelenggaraan kegiatan.
c. Aturan ini wajib dijunjung tinggi oleh segenap warga perkemahan.
2. Dewan Adat
a. Dewan Adat memiliki tugas dan wewenang untuk memutuskan sanksi dari berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh warga perkemahan selama mengikuti Pertagati-Pertaragati 2014.
b. Dewan Adat dipimpin oleh seorang Pemangku Adat Agung yang dijabat oleh Ketua Dewan Adat Ambalan Gajah Mada/SK Trimurti.
c. Dewan Adat beranggotakan para Pemangku Adat yang berasal dari unsur Dewan Adat Balagati.
BAB VII: KEPESERTAAN
A. PESERTA
Peserta terdiri dari peserta Pertagati dan peserta pertaragati.
1. Peserta Pertagati adalah tamu ambalan, dalam hal ini adalah kelas X SMA 1 Doro.
2. Peserta Pertaragati adalah calon Bantara, dalam hal ini adalah kelas XI SMA 1 Doro.
B. PERSYARATAN PESERTA PERTAGATI
1. Umum
1) Mempunyai keinginan untuk bergabung di Ambalan
2) Berusia 16 - 25 tahun
3) Mempunyai semangat dan berdisiplin tinggi
4) Sehat jasmani dan rohani
5) Sanggup mematuhi tata tertib adat Pertagati-Pertaragati 2014
2. Administrasi
1) Menyerahkan surat izin dari orangtua
2) Menyerahkan pas foto berwarna, ukuran 3x4 cm, ditempel pada kartu tanda peserta
3) Membayar iuran kegiatan.
C. PERLENGKAPAN PESERTA PERTAGATI
1. Perorang
1) Pakaian tahan dingin
2) Jas hujan
3) Obat-obatan pribadi
4) Perlengkapan Ibadah
5) Perlengkapan mandi
6) Alat tulis
7) Pakaian olahraga/lapangan
8) Kayu bakar 1 ikat
2. Per Sangga
1) Perlengkapan perkemahan ( Tenda, alat penerangan tenda, alat Masak, dll)
2) Perlengkapan kesenian daerah
3) Perlengkapan daur ulang
4) Perlengkapan lain yang mendukung kegiatan
D. PERSYARATAN PESERTA PERTARAGATI
1. Umum
1) Aktif di Gugusdepan
2) Berusia 16 - 25 tahun
3) Mempunyai semangat dan berdisiplin tinggi
4) Sehat jasmani dan rohani
5) Sanggup mematuhi tata tertib adat Pertagati-Pertaragati 2014
2. Administrasi
1) Menyerahkan surat izin dari orangtua
2) Membayar iuran kegiatan.
E. PERLENGKAPAN PESERTA PERTARAGATI
1. Perorang
1) Pakaian tahan dingin
2) Jas hujan
3) Obat-obatan pribadi
4) Perlengkapan Ibadah
5) Perlengkapan mandi
6) Alat tulis
7) Pakaian olahraga/lapangan
8) Kayu bakar 1 ikat
2. Per Sangga
1) Menyesuaikan sangga yang didampingi
BAB VIII: PENINJAU, TAMU DAN PENGUNJUNG
A. UMUM
Disamping kontingen daerah Raimuna dapat dikunjungi oleh anggota Pramuka lain dan masyarakat yang dikelompokkan dalam 3 kategori yaitu: Peninjau, Tamu dan Pengunjung.
B. PENINJAU
Peninjau adalah anggota dewasa yang ditugaskan sebagai peninjau oleh kwartir ranting, dengan persyaratan:
a. Anggota Pramuka
b. Menyerahkan surat tugas dari kwarran
c. Apabila peninjau ingin menginap, membawa perlengkapan pribadi
C. TAMU
Tamu adalah seseorang yang terdaftar sebagai tamu sebelum kegiatan raimuna dimulai, Persyaratan:
a. Anggota Pramuka
b. Terdaftar, atau mendaftarkan diri sebagai tamu
c. Membawa perlengkapan pribadi lainnya yang diperlukan
D. PENGUNJUNG
Pengunjung adalah seseorang yang mengunjungi perkemahan pada waktu tertentu dengan ketentuan yang berlaku.
BAB IX: SARANA PENUNJANG
A. Fasilitas Tempat dan Ruangan
Untuk mendukung pelaksanaan Pertagati-Pertaragati 2014 disediakan kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan sarana penunjang tempat dan ruangan, antara lain:
a. Sekretariat
b. Ruangan PPPK
c. Ruangan Materi I
d. Ruangan Materi II
e. Panggung utama
f. Lapangan upacara
g. Tempat parker
h. Pos keamanan
BAB X: KONSUMSI
Konsumsi diatur sebagai berikut:
1. Peserta Pertagati
a. Bagi para peserta Pertagati menyediakan sendiri bahan makanan, dan dimasak saat perkemahan.
b. Menu diserahkan kepada masing-masing sangga
c. Peserta tidak diperkenankan membeli makanan jadi dari luar perkemahan
2. Peserta Pertaragati
a. Peserta pertaragati disediakan makanan siap santap oleh sangga kerja.
3. Sangga Kerja, Pembina, Tamu
a. Sangga kerja, Pembina, dan tamu disediakan makanan siap santap oleh sangga kerja.
BAB XI: PENGAWASAN, PENGAMATAN DAN EVALUASI
A. UMUM
Untuk kelancaran tugas dan kegiatan yang dilaksanakan, maka Sangga kerja menyusun Tim diawasi, diamati dan dievaluasi kinerjanya oleh Pembina Pramuka. Sehingga tugasnya adalah mengawasi, mengamati dan evaluasi (wasmatev) hal-hal:
1. Kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Pertagati-Pertaragati 2014
2. Kekurangan, hambatan, kesulitan dan tantangan dalam pelaksanaannya, untuk kepentingan pengembangan dan perbaikan pada kegiatan–kegiatan mendatang
3. Disiplin dan aktivitas, baik peserta maupun Sangga kerja
B. LAIN-LAIN
Ketentuan lain-lain mengenai Tim Pengawasan Pengamatan dan Evaluasi ditetapkan kemudian dalam peraturan tersendiri.
BAB XII: PENUTUP
Demikianlah Petunjuk Pelaksanaan Pertagati-Pertaragati 2014 ini dibuat sebagai pedoman awal dalam menentukan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Adalah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskan kegiatan ini. Kami sangat mengharapkan dukungan baik moril maupun materiil dari semua pihak dalam pelaksanaan kegiatan nanti. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati dan meridhoi langkah-langkah kita semua. Amin.
Doro, 7 Agustus 2014
Gugus Depan 06.07/08 SMA 1 Doro
0 Response to "JUKNIS PERTAGATI-PERTARAGATI"
Posting Komentar